PERUBAHAN SOSIAL PADA ZAMAN DAHULU DAN ZAMAN SEKARANG

Assalamualaikum, puji syukur atas kehadirat Allah SWT,Semoga kita semua dalam keadaan sehat, kami menulis ini berdasarkan hasil observasi mengenai perubatan sosial zaman dahulu dan zaman sekarang yaitu zaman moderen.Hasil observasi kami lakukan di sidowayah, kecamatan pancur, kabupaten Rembang. Hasil observasi ini mencakup perubahan desain rumah zaman dahulu dan zaman sekarang, perusahaan fashion zaman dahulu dan zaman sekarang. perubahan dapur zaman dahulu dan zaman sekarang, yang terakhir yaitu peralatan zaman dahulu dan zaman sekarang.zaman sekarang menemukan benda-benda zaman dulu sangat sulit, apalagi desain rumah zaman dahulu sangat jarang ditemukan.kami melakukan analisis berfokus pada sistem sosial apa yang berubah di norma sosial, kelompok sosial tindakan sosial kelas sosial, mobilitas sosial, konflik sosial, hingga integrasi sosial.Berikut perubahan yang terjadi di zaman dulu dan zaman sekarang.

#Arsitektur Rumah Zaman Dahulu dan Zaman Moderen.

Rumah zaman dahulu rata-rata dibuat menggunakan kayu, membangun rumah zaman dahulu juga tidak sembarangan ada tata cara dan ciri khas di setiap daerah. Orang zaman dahulu rata-rata terdapat di desa. Berikut ini jenis-jenis rumah jaman dahulu:
 -Rumah Joglo
 -Rumah Limasan
 -Rumah Panggang Pe


•Berikut Contoh Gambar Rumah Limasan Zaman Dahulu
(Di potret oleh Nihayatus,7 September 2023.). Rumah Limas diatas milik Bapak Kurnianto yang beralamat di Desa. Bulu rt3/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Rumah limasan sesuai dengan namanya adalah rumah tradisional berbentuk limas yang dibuat dengan gaya panggung. Rumah limas memang mempunyai banyak filosofis yang mendalam, terdiri dari lima tingkat dengan makna dan fungsi yang berbeda-beda. Lima tingkatan ruangan diatur menggunakan filosofi Kekijing, dimana setiap ruangannya diatur berdasarkan penghuninya, yaitu usia, jenis kelamin, bakat, pangkat serta martabat.Tingkat pertama atau disebut ‘Pagar Tenggalung’ merupakan ruangan terhampar luas tanpa dinding pembatas. Ruangan seperti beranda ini difungsikan untuk tempat menerima para tamu yang datang pada saat acara adat. 


* Rumah Zaman Modern (sekarang) kalau kita melihat di kota-kota besar maupun di desa sekarang banyak banget bangunan rumah modern. Rumah modern berbahan dasar batu bata. Alesan orang sekarang memilih rumah modern ketimbang rumah zaman dahulu karena rumah zaman modern bahan nya lebih aman di kantong ketimbang harga kayu jati yang satu pohon nya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berikut beberapa jenis rumah modern:
 - Gaya modern.
 - Gaya klasik modern.
 - Gaya minimalis.

•Berikut Contoh Gambar Rumah klasik moderen:
(Di potret oleh Azimatun Najikhah,19 September 2023.). Rumah modern diatas milik Bapak wahyudi yang beralamat di Desa.Samaran rt4/rw2 kecamatan Pamotan kabupaten Rembang.

Rumah klasik modern atau modern classic adalah sebuah konsep tatanan rumah yang menghasilkan gaya baru dengan estetika yang menawan bagi rumah komersial. Gaya ini menggabungkan nuansa klasik dengan sentuhan modern yang menampilkan tampilan nan elegan.

#Gaya Pakaian Zaman Dahulu dan Zaman Modern.

* Pakaian zaman dahulu waktu itu masih berbentuk kebaya. Nenek-nenek zaman dahulu lebih suka memakai kebaya dan jarik karena kebaya merupakan pakaian tradisional dari Jawa pada zaman dahulu selain di gunakan sebagai pakaian sehari-hari kebaya juga bisa menjadi ikonik orang Jawa.

•Berikut ini adalah gambar pakaian zaman dahulu:
(Di potret oleh Ery Ramadhani,7 September 2022.). Baju zaman dahulu diatas milik mbh saminah yang beralamat di Desa. Sidowayah rt3/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Baju zaman dahulu yang dipakai milik Mbah saminah adalah batik dan juga menggunakan jarik ,Seperti masa dahulu di lingkungan Jawa, batik digunakan oleh kalangan istana sebagai penanda status, secara disadari atau tidak kalangan istana sudah menerapkan gaya hidup tertentu. Seiring kemajuan zaman, gaya hidup mengenakan pakaian dengan motif batik tertentu, saat ini juga banyak diikuti oleh masyarakat.

* pakaian zaman modern anak muda zaman sekarang mengikuti trend fashion. Trend fashion yang lagi ngetrend di kalangan anak muda adalah Korean style dan style dari negara-negara barat.

• Berikut Contoh Gambar style modern.
(Di potret oleh Ery ramadhani.,22 Desember 2022). Baju zaman modern diatas milik seplinda.R di lembah manah kecamatan Sluke kabupaten Rembang.

Gambar diatas merupakan contoh gambar dari fashion Korean style. Korean style sangat di kagumi di kalangan anak muda maupun di beberapa usia. Sekarang banyak terjadi anak muda lupa akan pakaian zaman dahulu yang di pakai nenek atau pun orang tua pada zaman dahulu. Busana zaman sekarang mempunyai bahan yang lebih halus dan memiliki motif warna-warnai dan mempunyai harga yang cukup mahal.

#Perabotan Rumah Tangga Zaman Dahulu Dan Zaman Sekarang
 zaman dahulu pembuatan perabotan zaman dahulu masing menggunakan atau memanfaatkan alam.misal saat membuat perabotan yang masih menggunakan alam yaitu:
1.Kuali(belangga)
2.Genuk
3.tungku kompor
• Berikut contoh gambar prabotan zaman dahulu.
1.) Gambar Genuk 
(Di potret oleh Nihayatus .,18 September 2023.). Prabotan zaman dahulu (Genuk)diatas milik ibu Sumiyati yang beralamatdi Desa. Banyuurip rt4/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Arti kata genuk adalah gentong kecil tanpa bibir, untuk menyimpan gabah atau beras,bisa juga untuk menyimpan air.Di zaman kecilku benda ini sangat mudah ditemukan. Oleh ibu dan kebanyakan warga di kampung biasa menggunakannya untuk menyimpan persediaan air untuk keperluan minum, masak, mandi, dan juga untuk keperluan cuci mencuci lainnya.

2.) Gambar tong air
(Di potret oleh Seplinda,18 September 2023.). Prabotan zaman sekarang (tong air)diatas milik ibu sofiatun yang beralamatdi Desa. Sidowayah rt4/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Gambar diatas merupakan tempat untuk menyimpan air bisa juga beras.ember platis lebih praktis dan mudah perawatannya di banding kan genthong gerabah. Dengan pertimbangan ember platik lebih murah harganya ,mudah dipindahkan dan resiko pecahnya kecil.

3.) Gambar pawon 
(Di potret oleh Seplinda,18 September 2023.). Prabotan zaman dahulu (pawon )diatas milik ibu sofiatun yang beralamat di Desa. Sidowayah rt4/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Gambar diatas merupakan tempat untuk memasak. Tempat untuk memasak (Pawon) adalah dapur bagi masyarakat zaman dahulu yang berupa tempat memasak yang menggunakan tungku sebagai pembakaran dengan kayu sebagai bahan bakarnya dan menghasilkan abu (awu) sepanjang hari.


4) Gambar kompor 
(Di potret oleh Seplinda,18 September 2023.). Prabotan zaman sekarang( kompor)diatas milik ibu sofiatun yang beralamat di Desa. Sidowayah rt4/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Gambar diatas merupakan tempat untuk memasak. Tempat untuk memasak ( kompor ) adalah dapur bagi masyarakat zaman sekarang. Kompor adalah perapian untuk memasak yang menggunakan minyak tanah, gas, atau listrik sebagai bahan bakar. Kompor mempunyai ruang tertutup / terisolasi dari luar sebagai tempat bahan bakar diproses untuk memberikan pemanasan bagi barang-barang yang diletakkan di atasnya. 



Nama kelompok : 1) Azimatun Najikhah (8) 
                                2) Nihayatus solikhah (22)
                                3) Seplinda Rahma(28)
Kelas : XII IPS 2